Pengertian Valuta Asing (Valas)




Valuta asing (valas) ialah mata uang luar negeri, seperti dollar Amerika, poundsterling Inggris, ringgit Malaysia dan sebagainya. Misalnya saja ketika ada dua  negara yang sedang mengadakan perdagangan international, maka tiap negara membutuhkan valuta asing untuk alat bayar luar negeri, yang dalam dunia perdagangan disebut devisa. Sehingga, akan timbul penawaran dan permintaan devisa di bursa valuta asing. Tetapi, bisa jadi dalam menyelesaikan transaksi tersebut tidak menggunakan kedua mata uang negara tersebut, tetapi menggunakan mata uang negara ketiga, misalnya dollar. Hal ini bisa terjadi bila eksportir maupun importir tidak memiliki mata uang lokal negara masing-masing atau mata uang kedua negara itu sangat jarang diperdagangkan karena mata uangnya sangat lemah. Ini berarti mata uang yang dipergunakan itu adalah mata uang yang populer di kedua negara itu, misalnya dollar.
Kurs mata uang tersebut bisa berubah-ubah, tergantung pada situasi ekonomi negara masing-masing. Islam mengakui perubahan nilai mata uang asing dari waktu ke waktu secara sunnatullah (mekanisme pasar). Bila perubahan itu terlalu tinggi, maka campur tangan pemerintah diperlukan untuk menjaga stabilitas mata uang, karena Islam menginginkan terciptanya stabilitas kurs mata uang.Transaksi jua beli valuta asing sebagaimana yang digambarkan di atas, umumnya diselenggarakan di pasar valuta asing, money changer, bank devisa dan perusahaan bisnis valas.
Transaksi valas di bank konvensional sendiri, selain menyediakan layanan transaksi tunai berdasar nilai kurs pada saat itu, juga menyediakan layanan transaksi forward, currency swap, dan option.
Transaksi tunai adalah transaksi penjualan atau pembelian valuta asing berdasar nilai kurs hari ini, yang mempunyai 3 cara penyerahan yaitu today, tomorrow dan  spot.
Transaksi Today adalah transaksi pembelian atau penjualan valuta asing (USD) terhadap valuta domestik (Rp) atau terhadap valuta asing lainnya berdasar nilai kurs hari ini dengan penyerahan hari ini juga. Sedang tomorrow juga berdasarkan nilai kurs hari ini tapi penyerahan dilakukan keesokan hari atau satu hari kerja setelah tanggal transaksi. Untuk Spot sendiri, juga berdasar nilai kurs hari ini dan diserahkan dua hari kerja setelah transaksi.

Comments

Popular posts from this blog

Kurikulum Sebagai Sistem Dan Komponen-Komponen Sistem Kurikulum

Sejarah ilmu mantiq

makalah HADITS TENTANG NIAT MENCARI ILMU