Macam-macam kepribadian adalah sebagai berikut


Macam-macam kepribadian adalah sebagai berikut,[1]
a)      Kepribadian guru yang luwes (fleksibel)
Guru yang fleksibel pada umumnya ditandai dengan keterbukaan berpikir dan beradaptasi. Selain itu, ia juga memiliki resistensi (daya tahan) terhadap ketertutupan ranah cipta yang premature (terlampau dini) dalam pengamatan dan pengenalan. Ketika mengamati dan mengenali subyek suatu objek atau situasi tertentu, seorang guru yang fleksibelselalu berpikir kritis. Berpikir kritis (critical thinking) ialah berpikir dengan penuh pertimbangan akal sehat (reasonable reflective) yang dipusatkan pada pengam,bilan keputusan untuk mempercayai atau mengingkari sesuaru, dan melekukan atau menghindari sesuatu (Heger dan Kaye, 1990)
b)      Kepribadian guru yang terbuka
Guru yang terbuka secara psikologis biasanya ditandi dengan kesediaannya yang relatif tinggi untuk mengkomunikasikan dirinya dengan faktor-faktor ekstern antara lain, siswa, teman sejawat, dan lingkungan pendidikan tempatnya bekerja. Ia mau menerima kritik dengan iklas. Disamping itu ia juga memiliki empati (empaty), yakni respon afektif terhadap pengalaman emosional dan perasaan tertentu orang lain, (reber,1988). Jika salah seorang muridnya diketahui sedang amnegalami kemalangan, umpamanya, maka ia turut bersedih dan menunjukkan simpati serta berusaha member jalan keluar. Keterbukaan psikologis sangat penting bagi guru mengingat posisinya sebagai anutan siswa.
Kepribadian guru sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan pribadi peserta didik. Dalam hal ini, guru tidak hanya dituntut untuk mampu memaknai pembelajaran, tetapi dan yang paling penting adalah bagaimana dia menjadikan pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas pribadi peserta didik.


[1] Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, 225-228

Comments

Popular posts from this blog

Kurikulum Sebagai Sistem Dan Komponen-Komponen Sistem Kurikulum

Sejarah ilmu mantiq

makalah HADITS TENTANG NIAT MENCARI ILMU