Fungsi Guru yang Profesional



1.        Sebagai Pendidik
a.         Menjadi sosok panutan yang memiliki nilai moral dan agama yang patut ditiru dan diteladani oleh siswa, baik di dalam maupun di luar kelas.
b.         Sikap dan perilaku guru menjadi ‘bahan ajar’ yang secara langsung dan tidak langsung akan ditiru dan diikuti oleh para siswa.
c.         Memberikan motivasi untuk belajar dan mengikuti ketentuan atau tata tertib yang menjadi kesepakatan bersama.
2.        Sebagai Pembimbing
a.         Memberikan dorongan psikologi agar siswa dapat mengesampingkan faktor-faktor internal dan eksternal yang akan mengganggu proses pembelajaran, baik di dalam maupun di luar sekolah.
b.         Memberikan arah dan pembinaan karier siswa sesuai dengan bakat dan kemampuan siswa.
3.                  Sebagai Pengajar
a.         Mentransfer ilmu kepada siswa sehingga siswa mampu mengaplikasikan ilmunya, untuk itu guru diharapkan memiliki pengetahuan yang luas tentang disiplin ilmu.
b.         Menyampaikan bahan ajar dan menentukan alat evaluasi pendidikan yang akan digunakan untuk menilai hasil belajar siswa dan aspek-aspek manajemen kelas.
4.                  Sebagai Pelatih
a.         Memberikan sebanyak mungkin kesempatan kepada siswa untuk menerapkan konsep atau teori ke dalam praktik yang akan digunakan langsung dalam kehidupan agar memperoleh pengalaman belajar yang sebanyak-banyaknya, khususnya untuk mempraktikkan berbagai jenis keterampilan yang mereka butuhkan.


 Suparlan, Guru Sebagai Profesi, 32-33.

Comments

Popular posts from this blog

Kurikulum Sebagai Sistem Dan Komponen-Komponen Sistem Kurikulum

Sejarah ilmu mantiq

makalah HADITS TENTANG NIAT MENCARI ILMU