Pengertian Perkembangan


Pengertian Perkembangan
            Adapun devinisi dari perkembangan adalah perubahan, ini tidak bersifat kuantitatif, melainkan pada segi fungsional. Dari uraian ini, perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan kualitatif dari pada fungsi-fungsi.
               Perubahan suatu fungsi di sebabkan oleh adanya fungsi itu dan di samping itu disebabkan oleh perubahan tingkah laku hasil belajar. Dari sini kita dapat merumuskan pengertian perkembangan pribadi, yaitu suatu perubahan kualitatif dari setiap fungsi kepribadian akibat dari pertumbuhan dan belajar.
               Betapapun juga berbeda-bedanya pendapat para ahli tersebut, namun semuanya mengakui bahwa perkembangan itu adalah suatu perubahan, perubahan kearah yang maju lebih dewasa. Secara teknis perubahan tersebut biasanya disebut proses, tetapi apabila persoalan kita lanjutkan dengan mempersoalkan proses apa, maka disini kita dapatkan lagi macam-macam jawaban, yang pada pokoknya berpangkal kepada pendirian masing-masing ahli pendapat atau konsepsi yang bermacam-macam itu pada pokoknya dapat kita golongan menjadi 3 golongan yaitu:
1.Konsepsi-konsepsi para ahli yang mengikuti aliran asosiasi.
2.Konsepsi-konsepsi  para ahli yang mengikuti aliran Gestalt dan Neo Gestalt.
3.Konsepsi-konsepsi para ahli yang mengikuti aliran sosiologisme


Ahmad Mudzakir, Psikologi Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia. 1997) hal 72

Comments

Popular posts from this blog

Kurikulum Sebagai Sistem Dan Komponen-Komponen Sistem Kurikulum

Sejarah ilmu mantiq

makalah HADITS TENTANG NIAT MENCARI ILMU