ayat tentang konflik umat manusia




             Q.S. Hud ayat 118-119,

öqs9ur uä!$x© y7/u Ÿ@yèpgm: }¨$¨Z9$# Zp¨Bé& ZoyÏnºur ( Ÿwur tbqä9#ttƒ šúüÏÿÎ=tGøƒèC ÇÊÊÑÈ   žwÎ) `tB zMÏm§ y7/u 4 y7Ï9ºs%Î!ur óOßgs)n=yz 3 ôM£Js?ur èpyJÎ=x. y7În/u ¨bV|øBV{ zO¨Yygy_ z`ÏB Ïp¨YÉfø9$# Ĩ$¨Z9$#ur tûüÏèuHødr& ÇÊÊÒÈ  
          Jikalau Tuhanmu menghendaki, tentu Dia menjadikan manusia umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berselisih pendapat,(118) Kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Tuhanmu. dan untuk Itulah Allah menciptakan mereka. kalimat Tuhanmu (keputusan-Nya) telah ditetapkan: Sesungguhnya Aku akan memenuhi neraka Jahannam dengan jin dan manusia (yang durhaka) semuanya(119).

            KANDUNGAN AYAT

            Allah ta’ala menerangkan bahwa Dia mahakuasa untuk menjadikan seluruh manusia sebagai umat yang satu ; yang sama rata, namun Dia tak melakukannya. Allah lebih memilih untuk menjadikan manusia umat yang beragam, mempunyai pilihan dan berusaha. Allah memberi wahyu dan ilham sebagai petunjuk juga karunia akal untuk memikirkannya. Dan akhirnya jadilah manusia umat yang banyak memiliki pandangan yang berbeda dan berselisih satu sama lain. 

Comments

Popular posts from this blog

Kurikulum Sebagai Sistem Dan Komponen-Komponen Sistem Kurikulum

Sejarah ilmu mantiq

makalah HADITS TENTANG NIAT MENCARI ILMU