Kurikulum Sebagai Sistem
Kurikulum sebagai suatu rancangan dalam pendidikan
memiliki posisi yang strategis karena seluruh kegiatan pendidikan bermuara pada
kurikulum sebagaimana sentra kegiatan pendidikan, maka di dalam penyusunannya
memerlukan landasan yang kuat melalui pemikiran dan penelitian secara mendalam.
Dan pada dasarnya kurikulum merupakan suatu sistem
yang terdiri dari beberapa komponen-komponen suatu lembaga pendidikan itu.[1]
Dari buku kurikulum tersebut kita dapat mengetahui fungsi suatu komponen
kurikulum terhadap komponen-komponen kurikulum yang lain.
Sistem adalah suatu kesatuan sejumlah elemen (objek,
manusia, kegiatan, informasi dan masih banyak yang lainnya) yang terkait dalam
proses atau struktur dan dianggap berfungsi sebagai satu kesatuan organisasi
dalam mencapai satu tujuan.[2]
Jika pemahaman sistem di atas dipergunakan, melihat
kurikulum itu ada sejumlah komponen yang terkait dan berhubungan satu sama lain
untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, yang dimaksud dengan sistem terhadap
kurikulum adalah kurikulum itu dipandang memiliki sejumlah komponen yang saling
berhubungan sebagai kesatuan yang bulat untuk mencapai tujuan.[3]
Definisi di atas memberikan gambaran bahwa
pendekatan sistem dalam pengembangan kurikulum merupakan bentuk berputar dan
dinamis dimana empat komponen dari suatu model saling berhubungan. Jadi dapat
disimpulkan bahwa antara satu komponen dengan komponen yang lain mempunyai
hubungan erat dan tidak dapat dipisahkan.
Comments
Post a Comment
bismillahi....