Macam-macam kepribadian adalah sebagai berikut
Macam-macam
kepribadian adalah sebagai berikut,[1]
a)
Kepribadian guru
yang luwes (fleksibel)
Guru
yang fleksibel pada umumnya ditandai dengan keterbukaan berpikir dan
beradaptasi. Selain itu, ia juga memiliki resistensi (daya tahan) terhadap
ketertutupan ranah cipta yang premature (terlampau dini) dalam pengamatan dan
pengenalan. Ketika mengamati dan mengenali subyek suatu objek atau situasi
tertentu, seorang guru yang fleksibelselalu berpikir kritis. Berpikir kritis (critical thinking) ialah berpikir dengan
penuh pertimbangan akal sehat (reasonable
reflective) yang dipusatkan pada pengam,bilan keputusan untuk mempercayai
atau mengingkari sesuaru, dan melekukan atau menghindari sesuatu (Heger dan
Kaye, 1990)
b)
Kepribadian guru
yang terbuka
Guru
yang terbuka secara psikologis biasanya ditandi dengan kesediaannya yang relatif
tinggi untuk mengkomunikasikan dirinya dengan faktor-faktor ekstern antara
lain, siswa, teman sejawat, dan lingkungan pendidikan tempatnya bekerja. Ia mau
menerima kritik dengan iklas. Disamping itu ia juga memiliki empati (empaty),
yakni respon afektif terhadap pengalaman emosional dan perasaan tertentu orang
lain, (reber,1988). Jika salah seorang muridnya diketahui sedang amnegalami
kemalangan, umpamanya, maka ia turut bersedih dan menunjukkan simpati serta
berusaha member jalan keluar. Keterbukaan psikologis sangat penting bagi guru
mengingat posisinya sebagai anutan siswa.
Kepribadian guru
sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan pribadi peserta
didik. Dalam hal ini, guru tidak hanya dituntut untuk mampu memaknai
pembelajaran, tetapi dan yang paling penting adalah bagaimana dia menjadikan
pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas
pribadi peserta didik.
Comments
Post a Comment
bismillahi....